Tanya-Jawab Balita: Asyik Bermain, Sampai Jadi Susah Makan

 

Tanya: Anak saya berumur 2 tahun, dan sedang menyukai kegiatan eksplorasi. Sampai-sampai kegiatan makan menjadi "momok" bagi saya dan si kecil. Sebab, saya harus mengejarnya dan ia merasa dipaksa. Bagaimana memotivasi anak yang sulit makan sambil memberi rangsang yang tepat untuk kecerdasannya?

Jawab: Di usia ini anak suka beragam jenis makanan, karena selera makan sudah berkembang dan jumlah geliginya hampir lengkap. Coba berikan beraneka jenis bahan makanan menjadi makanan favorit dalam bentuk-bentuk menarik. Ajaklah ia ikut menentukan apa yang akan dimakannya, dan kalau memungkinkan ajaklah ia menyiapkannya bersama.

Anda bisa membuat puding buah dalam cetakan tokoh kartun favorit lalu menghiasnya. Atau, buatlah nasi, sayuran dan lauk pauk yang dibentuk, dipotong berbentuk bunga atau ditata sedemikian rupa mirip wajah boneka favorit. Dengan menjadikan kegiatan makan sebagai sesuatu yang menyenangkan, kecukupan gizi, sekaligus keingintahuan anak akan terpenuhi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more