Tanya-Jawab Balita: Gigi Berkarang

 

Tanya: Dok, saya punya anak umur 18 bulan, sayang gigi depan atas yang jumlahnya ada 4, semua berkarang. Padahal saya sikat giginya mulai umur 1 tahun tapi karangnya tetap tidak bisa hilang, malah keropos. Padahal waktu saya hamil saya rajin minum tablet untuk kalsium dan susu kehamilan. Apakah ini pengaruh kalsium yang kurang atau pengaruh sufor/ botol dot yang dipakai? Dan adakah kalsium yang dapat saya berikan pada anak saya supaya gigi yang tumbuh kelak akan lebih kuat?

Jawab: Salam, memang tidak menyenangkan melihat gigi depan yang geribis. Hal itu kebanyakan akibat gigi kontak dengan bahan makanan atau minuman yang manis seperti gula susu yang terkandung dalam susu formula sehingga merusak email gigi.

Dianjurkan membersihkan mulut sejak awal bahkan sebelum gigi tumbuh dengan membersihkan gusi. Jadi kalau membersihkan gigi baru usia 1 tahun nampaknya sudah ada dampak negatif yang timbul. Namun pembersihan gigi tetap diperlukan untuk gigi lain yan masih baik. Mengkonsumsi kalsium secara alami dengan makanan sehari-hari lebih dianjurkan.

Elizabeth Yohmi, SpA, IBCLC dari RS St. Carolus Jakarta

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more