Tanya-Jawab Balita: Perkembangan dan Pertumbuhan

 

Tanya: Saya seringkali dibuat bingung dengan istilah "pertumbuhan" dan "perkembangan". Dokter anak saya, terkadang menggunakan dua kata ini secara bergantian. Apakah perbedaan kedua istilah ini?
 
Jawab: "Pertumbuhan" dipakai sebagai istilah untuk menjelaskan bertambahnya ukuran tubuh bayi, balita. Misalnya, bertambahnya tinggi badan, berat badan, ukuran lingkar kepala, gigi-geligi, tulang, otot dan organ-organ tubuh.

Sedangkan istilah "perkembangan" mengacu pada bertambahnya fungsi-fungsi individu, dalam hal ini bayi dan balita. Fungsi meliputi antara lain: penginderaan, pergerakan, komunikasi, kognitif, kreativitas, emosi-sosial, kerjasama, etika dan masih ada beberapa lagi.

Pertumbuhan dan perkembangan seseorang, idealnya seimbang, dan beriringan. Sebagai contoh, ketika balita Anda semakin bertambah besar ukuran tubuhnya, diharapkan balita juga semakin matang secara emosi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more