Tanya-Jawab Balita: Suka Ulang Kata-kata

 

Tanya: Memasuki usia 2,4 tahun, anak saya sudah menguasai banyak kosa kata. Namun akhir-akhir ini dia sering mengulang-ulang kata dan kesulitan mengungkapkan sesuatu. Kadang-kadang saya mengagetkannya supaya bicaranya jelas. Apakah ini tanda dia gagap?
 
Jawab:
Gagap pada si 2 tahun, umumnya karena mereka masih sulit mengatur apa yang ia pikirkan dan bagaimana harus menyampaikannya pada orang lain. Hal ini membuat anak cenderung mengulang-ulang perkataannya atau terbata-bata berbicara.

Perlu diingat kondisi terbaik untuk melatih anak bicara adalah dalam suasana yang nyaman, tanpa tekanan atau paksaan orang tua. Jadi, ketika anak tergagap, usahakan Anda tidak panic dalam membantunya mengungkapkan sesuatu. Selain itu, jangan lupa memberikannya pujian jika anak berhasil berbicara dengan jelas dan tidak mengulang-ulang kata.

Anak perlu merasakan pengalaman berhasil untuk mengetahui hal yang diharapkan orang dewasa pada dirinya. Namun jika keadaan berlanjut, sebaiknya segera Anda periksakan anak ke dokter atau psikolog untuk mengetahui penyebab dan upaya mengatasi hal tersebut.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more