Tanya-Jawab Balita: Takut Kancing

 

Tanya: Jagoan kecil saya (2 tahun) sangat tidak suka pada benda berkancing, termasuk kemeja dan celana. Belakangan, bila melihat orang menggunakan baju dengan kancing menyolok, dia seperti mau muntah. Bagaimana mengatasinya?
 
Jawab:
Tampaknya anak Anda melihat kancing sebagai stimulus yang tidak menyenangkan (aversif), sehingga memperlihatkan gejala-gejala seperti mau muntah. Mungkin saja suatu waktu ada bagian tubuh anak yang terjepit kancing. Perasaan sakit ini kemudian berubah jadi takut.

Dalam situasi ini, anak perlu dibiasakan melihat kancing tanpa rasa cemas atau takut. Secara bertahap, perlihatkan kancing pada anak mulai dari gambar kancing dari jarak jauh, perlahan-lahan, sampai jarak lebih dekat. Lakukan dalam keadaan rileks, misalnya sambil bermain. Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai cara membantu anak mengatasi rasa takutnya.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more