Tanya-Jawab Balita: Takut Obesitas

 

Tanya: Anak saya 3,5 tahun dengan berat tubuhnya sudah 26 kg dan tinggi 115 cm. Apakah postur tubuh seberat itu akan mengganggu kesehatannya? Dia cukup sehat, lincah dan pintar. Saya sangat takut anak saya obesitas. Saya sendiri tidak mengerti kenapa anak saya bisa sebesar itu. Padahal dia hanya minum susu 3 X 180 cc sehari. suka sayur, ikan dan daging yang bervariasi setiap hari. Pola makan hanya dua kali sehari dan tidak ngemil. Dia tidak suka permen dan makan chips,coklat atau es krim hanya satu kali dalam 2 minggu. Mengapa bisa segemuk sekarang? 

Jawab: Ibu Faskalina, bila dilihat dari ukuran berat badan dan tinggi badan anak ibu memang termasuk diatas rata-rata untuk umurnya (tinggi badan anak ibu seperti anak umur 5,5 tahun). Dan termasuk obesitas ringan dengan berat badan ideal menurut tinggi badan adalah 20 kg.

Sebaiknya lebih ditingkatkan aktivitas fisik dan jangan membiarkan anak dengan aktifitas banyak duduk seperti nonton tv, main games. Semoga bermanfaat.

dr. Elizabeth Yohmi, SpA, IBCLC dari RS St. Carolus Jakarta
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more