Tanya-Jawab: Belajar 2 Bahasa

Tanya: Umur berapa sebaiknya mulai mengajarkan bahasa Inggris kepada anak? Apabila ada 2 bahasa yang diajarkan, apakah dapat menghambat perkembangan bicaranya? Sehari-hari, anak saya (3 bulan) diasuh ibu saya yan bisa berbahasa Indonesia.

Jawab:
Perangsangan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dapat dilakukan sejak dini. Karena, dalam 3 tahun pertama kehidupan manusia merupakan masa penyerapan terbesar terhadap stimulasi apa pun. Jadi, tidak ada batasan umur untuk mengenalkan bahasa asing pada anak. Agar ketrampilan anak berbahasa asing lancar, perlu dipertimbangkan hal berikut ini.
Ciptakan suasana yang menyenangkan dan bebas dari paksaan agar memudahkan anak menguasai bahasa asing.
Penguasaan bahasa apa pun akan optimal jika bahasa tersebut digunakan sehari-hari. Seorang anak akan menyerap kemampuan berbahasa asing jika banyak berlatih.
Jika putra Anda sehari-hari diasuh oleh neneknya yang berbahasa Indonesia, tidak akan menjadi halangan, asalkan ketika berjumpa dengan Anda dan suami, Anda berdua konsisten berkomunikasi dalam bahasa Inggris bersama anak. Hal ini tentunya akan menguntungkan, karena putera Anda akan memperoleh perangsangan dua bahasa sekaligus.
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   38264   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24328   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20549   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17716   
>  Balita Hobi Tampil   11100   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak