Tanya-Jawab: Berkeringat Di Cuaca Panas Atau Dingin

 

Tanya: Di cuaca panas maupun dingin, anak saya (2) selalu berkeringat ketika tidur. Apakah kipas angin bisa memengaruhi kesehatan parunya? Misalnya terkena paru-paru basah.  
 
Jawab: Keringatan saat tidur adalah reaksi dari bekerjanya hormon pertumbuhan yang meningkatkan metabolisme tubuh anak. Logikanya, kipas angin memberi kesejukan tapi juga bisa menerbangkan debu. Debu inilah yang berpotensi menimbulkan masalah jika terhirup ke dalam saluran napas. Terlebih pada anak yang punya kecenderungan alergi di saluran napas, maupun alergi di mata. Secara medis, istilah paru basah tidak jelas maksudnya. Jika maksudnya pneumonia atau radang paru, maka penyebabnya adalah kuman (mikroba) yang masuk dan berbiak di paru sehingga menimbulkan radang dan kerusakan jaringan paru sehingga muncul gangguan berupa napas cepat atau napas sesak. Pneumonia harus diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more