Tanya-Jawab: Kecukupan Gizi Selepas ASI Eksklusif

 

Tanya: Anak saya berumur 8 bulan, selepas ASI Eksklusif,  saya memberikannya MPASI yang berasal dari susu kedelai, karena saat pertama kali saya berikan susu formula sapi, ia muntah-muntah dan diare, seperti reaksi alergi. Apakah dengan memberi susu formula kedelai plus makanan padat pertama, asupan gizi balita sudah cukup?

Jawab: Sebelum Anda memutuskan memberikan susu formula kedelai, Anda harus benar-benar harus memastikan terlebih dahulu, apakah benar gejala diare dan muntah-muntah pada saat Anda pertama kali memberikan susu formula sapi selepas ASI Eksklusif, berkaitan dengan alergi. Diare dan muntah-muntah bukan hanya menandakan gejala alergi. Ada banyak masalah metabolik dan pencernaan yang ditandai dengan dua gejala ini.  Cobalah Anda membawa balita menjalani prosedur pemeriksaan agar terungkap masalah sebenarnya.

Yang sebenarnya penting diketahui juga, sifat dan komposisi gizi susu formula yang paling mendekati ASI adalah yang berasal dari sapi. Jadi, lebih  baik apabila Anda memberikan susu sapi, dibandingkan kedelai, dan tentunya makanan padat pertama sesuai kemampuan cerna balita.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more