Tanya-Jawab: Microsefal

 

Tanya: Apa yang harus saya lakukan untuk anak saya (7 bulan) yang mengalami microsefal dan ubun-ubun kepalanya cepat tertutup? Dokter menyarankan operasi untuk membuka ubun-ubunnya. Sekarang dia difisioterapi tiap hari.


Jawab: Selain microsefal, anak Anda nampaknya juga mengalami keadaan yang disebut craniosinostosis atau penutupan ubun-ubun besar yang terlalu cepat.  Operasi craniosinostosis biasanya dilakukan sebelum bayi berusia 6 bulan. Fisioterapi memang salah satu usaha untuk mempercepat perkembangan motoriknya, dan ini bisa dilanjutkan. Karena anak Anda baru berumur tujuh bulan, tentunya dia belum bisa berjalan dan ini normal.

Selain fisioterapi, perhatikan juga nutrisi dan stimulasi umum lainnya untuk meningkatkan tumbuh kembangnya. Silakan ke dokter saraf anak untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dan prognosis terkait proses penyembuhannya.  

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more