Tanya-Jawab: Muntah untuk Cari Perhatian

 

Tanya: Anak perempuan saya, 17 bulan, kalau merasa tidak diperhatikan selalu berusaha memuntahkan isi perutnya. Biasanya tak-tiknya ini berhasil. Kami sudah menegurnya, tetapi tetap saja ia lakukan. Bagaimana cara mengatasinya?

Jawab: Untuk mengatasi perilaku anak Anda, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan. Pertama, cari tahu apa yang membuatnya merasa tidak diperhatikan. Anak yang masih kecil seperti anak Anda, sangat membutuhkan keterlibatan Anda sebagai orang tua dalam hal-hal yang mereka minati. Beri perhatian terhadap kegiatan yang sedang dilakukan anak, dan bila perlu, beri anak pelukan. Tingkatkan waktu kebersamaan dengan anak Anda. Semua ini akan membuat si kecil paham bahwa Anda memperhatikannya. Kata-kata berupa teguran saja tidak cukup, apalagi anak Anda masih sangat muda.

Kedua, abaikan anak jika ia menampilkan gejala-gejala ingin muntah. Semakin Anda memberi perhatian pada perilaku muntahnya, semakin ia akan melakukannya. Yang perlu Anda ingat adalah memberi perhatian kepada anak sebelum ia muntah, bukan menjadikan perhatian sebagai reward atas muntahnya.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more