Tanya-Jawab: Sangat Emosional

 

Tanya: Putri saya (3 tahun) semenjak usia 1,5 tahun selalu bertingkah kasar (mendorong, mencakar, memukul) ke anak yang lebih kecil darinya. Ia susah diatur dan maunya sendiri. Saya sampai malu dengan tetangga yang banyak melaporkan perilakunya. Apa yang harus saya lakukan?

Jawab: Ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan pada putri ibu setiap ia melakukan perbuatan kasar. Pegang tangannya dan dengan tegas (bukan marah) katakan, “Tidak boleh, adik kecil bukan untuk dipukul, tapi untuk disayang.”

Bila ia berusaha mengejar anak yang akan ia sakiti, peluk dan sambil menatap matanya katakan, “Tidak boleh.” Jauhkan ia dari anak yang akan disakiti dan tetap peluk hingga ia merasa tenang.

Perlu juga ibu amati, apakah perilaku putri ibu memang bertujuan benar-benar ingin memukul, atau sebenarnya hanya ingin menarik perhatian saja. Bila alasan terakhir yang terjadi, sebaiknya ibu mengamati diri sendiri, bagaimana reaksi ibu terhadap perilaku anak. Apakah ibu berteriak-teriak, marah-marah, atau malah membenarkan perilaku anak ibu. Jika ini yang terjadi, maka reaksi ibu harus diubah. Tetaplah tenang dan dengan tegas katakan tidak boleh, sambil diiringi dengan sikap sabar dan konsisten yang ibu tunjukkan kepadanya.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more