Tanya-Jawab: Sindrom Dandy Walker

 


Tanya: Anak teman saya, menderita dandy walker sindrome dan baru-baru ini dioperasi untuk pemasangan selang pembuangan kelebihan cairan di otak. Bagaimana tumbuh kembangnya selanjutnya?

Jawab: Sindrom Dandy Walker adalah terdapatnya cairan otak yang terkumpul di dareah kepala bagian belakang, yang sering disertai hidrosefalus atau penimbunan cairan di ruang yang secara normal terdapat dalam otak. Operasi pemasangan selang berfungsi membuang atau mengalirkan kelebihan cairan otak. Karena jika tidak dibuang, penimbunan caioran tersebut akan mengganggu perkembangan otak anak, dan selanjutnya mengganggu fungsi-fungsi vital yang dapat mempengaruhi jantung dan paru.

Yang sebaiknya orang tua lakukan adalah kontrol rutin ke dokter anak untuk memantau tumbuh kembangnya. Seperti kasus hifrosefalus, hasil akhirnya cukup menggembirakan. Meskipun demikian, perlu pula diketahui bahwa pada beberapa anak dapat saja terlihat intelegensi kurang dari normal, fisik kurang sempurna, atau ada problem-problem medis lainnya.  
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more