Tanya-Jawab: Sindroma Nefrotik

 

Tanya: Putri saya (3 tahun, 86 cm, 12 kg) sembuh dari sindroma nefrotik yang diderita 5 bulan lalu. Tetapi seminggu lalu kambuh lagi. Apa penyebabnya? Adakah makanan pantangan baginya?  

Jawab: Sindroma nefrotik adalah penyakit ginjal yang terjadi karena permeabilitas glomerulus (unit fungsional ginjal) meningkat sehingga terjadi pengeluaran protein/albumin dari pembuluh darah ginjal ke dalam air kemih. Sindroma nefrotik terjadi karena proses imunologis, tetapi penyebab pastinya masih belum diketahui pasti. Meski dinyatakan sembuh (remisi), tetapi setiap saat bisa kambuh (relaps). Pencetusnya bisa infeksi dan alergi. Sebenarnya, tidak ada pembatasan makanan tertentu, kecuali garam. Bila terjadi penurunan fungsi ginjal, maka jumlah protein juga perlu dibatasi. Penderita bisa mengalami gangguan pertumbuhan, baik karena penyakit sindroma nefrotik itu sendiri maupun efek samping obat. Dari data anak Anda, maka berat dan tinggi badannya agak kurang. Semoga ia lekas sembuh.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more