Tanya-Jawab: Terlambat Bicara, Tak Selalu Tanda Masalah Tumbuh Kembang

 

Tanya: Si jagoan cilik (2 tahun 7 bulan), belum lancar berbicara. Sudah sebulan menjalani terapi wicara dan sensori integrasi di salah satu rumah sakit di Jakarta, tetapi belum ada perkembangan yang menyolok. Berapa lama terapi semacam itu berlangsung? Benarkah anak laki-laki lebih lambat perkembangan bicaranya dibandingkan anak perempuan?
 
Jawab: Usia 2–3 tahun merupakan masa paling penting dalam perkembangan bicara dan bahasa anak.  Pada usia tersebut, seharusnya anak sudah mampu mengerti 60–80% pembicaraan orang dewasa, dengan kosa kata lebih dari 200 kata. Mereka dapat membuat kalimat yang terdiri dari 3–4 kata, serta menggunakan kata tanya dan perintah. Melihat kondisi tersebut, anak Anda sudah dikategorikan dalam keterlambatan bicara.  

Langkah pertama, periksa dulu apakah pendengarannya baik (dengan pemeriksaan khusus THT).  Setelah itu, harus dilakukan terapi bicara.  Dalam hal ini perlu kesabaran orang tua, karena perbaikan berbahasa anak tidak cukup nampak hanya sebulan atau dua bulan saja. Selain oleh terapis, latihan perlu dilakukan setiap hari di rumah. Anda dan suami sebaiknya terlibat dalam pelatihan ini.

Mengenai mitos bahwa anak laki-laki terlambat bicara, tidaklah benar! Tak perlu terlalu khawatir, Bunda.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more