Telinga Berdarah Kemasukan Korek Api

 

Tanya: Bagaimana kondisi telinga anak saya (1,5) yang berdarah karena trauma dari korek api yang dia masukan sendiri? Saya sudah membawanya ke dokter umum.  

Jawab: Telinga yang berdarah setelah adanya trauma berupa tusukan dari benda seperti korek api memang sering terjadi pada anak. Darah yang keluar dari dalam telinga biasanya bersumber dari perlukaan pada dinding liang telinga atau robekan pada selaput gendang (perforasi membran timpani). Dari keduanya, yang lebih umum terjadi adalah yang pertama, yaitu luka pada dinding liang telinga, mengingat posisi liang telinga yang berkelok sebelum sampai ke daerah  telinga tengah dibatasi selaput gendang telinga. Jika hanya demikian, maka Anda tidak perlu khawatir, karena lukanya akan segera sembuh dan tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Bila darah yang keluar itu akibat robeknya selaput  gendang telinga, maka kondisi ini berpotensi menyebabkan adanya gangguan pendengaran konduktif. Robekan yang kecil atau lokasinya pada daerah depan/bawah, meski sedikit biasanya bisa menyebabkan gangguan. Sedangkan bila robekannya cukup besar atau berlokasi di belakang/atas maka gangguan pendengaran akan lebih berat.

Untuk memastikan apakah perlukaan yang terjadi hanya pada liang telinga atau sudah mengenai selaput gendang telinga, sebaiknya si kecil dibawa ke dokter anak atau dokter THT. Pemeriksaan secara seksama bisa dilakukan dengan menggunakan otoskop (teropong liang telinga) atau  pemeriksaan lain yang lebih akurat.

dr. Nastiti Kaswandani, SpA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more