Tes Komrosom Untuk Down Syndrome

Tanya: Anak saya usia 3,5 tahun belum pernah dilakkan tes kromosom untuk down syndrome. Apa yang harus saya lakukan untuk perkembangannya?

Jawab: Down Syndrome (DS) merupakan kelainan genetik pada kromosom nomor 21, yaitu terdapat 23 kromosom, atau disebut trisomi 21. Tanda fisiknya berupa wajah mongoloid, hidung pesek, mulut terbuka, lidah menjulur, jarak pupil mata melebar, bentuk telinga yang tidak normal dan kelemahan otot. Secara umum, anak DS mempunyai keterlambatan dalam tumbuh kembang. Langkah-langkah yang sebaiknya Anda ambil adalah:
  1. Pemeriksaan kromosom apakah benar anak DS.
  2. Pemeriksaan kelainan penyerta DS, seperti kelainan jantung dan hipotiroid. Tumbuh kembangnya perlu pemantauan berkesinambungan dan jangan lupa data imunisasinya harus lengkap.
  3. Bergabung dengan komunitas orang tua penyandang DS sehingga dapat berbagi pengalaman dan penanganan  anak lebih terarah. Penangan DS memerlukan tindakan multidisiplin, di bidang medis perlu pemeriksaan pendengaran, penyakit jantung bawaan, penglihatan, nutrisi dan lainnya, penganganan pendidikan perlu ada intervesi ddini sheingga tidak begitu tertinggal dari anak-anak seumurnya, dan menentukan sekolah yang terbaik untuk program pendidikannya. Yang terpenting, peran orang tua sangat besar agar tumbuh kebang anak DS jadi optimal.
     



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89497   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30418   
>  Mengasuh Anak Autis   21632   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18308