Tidak Kompak Dengan Kakek-Nenek

 

T: Saya melarang balita makan camilan tidak bergizi dan aneka jajanan yang lewat di jalan. Namun setiap akhir minggu, kakek-neneknya malah santai saja membelikan jajanan yang saya larang. Bagaimana menyikapi soal ini tanpa menyinggung perasaan mereka?

J: Sebenarnya, bila tidak terlampau sering, ada juga segi positif dari pemberian makanan yang tidak sesuai standar tersebut, yaitu anak belajar fleksibel. Artinya, jika kondisi ideal tidak didapat, maka anak dapat segera beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Namun Anda perlu mencoba langkah-langkah ini:
  • Amati situasi yang terjadi: jenis makanan seperti apa yang sering dibelikan kakek-neneknya? Apakah makanan tersebut dibeli untuk meredakan kerewelan balita? Dari 'survey' ini Anda tentukan strategi berikutnya.
  • Sebelum ke rumah kakek-nenek, bekali anak dengan makanan buatan sendiri atau makanan sehat yang lebih menarik ketimbang jajanan pinggir jalan. Lebihkan jumlahnya agar kakek-nenek juga bisa ikut menikmati.
  • Usahakan balita sudah cukup kenyang sebelum ke rumah nenek. Anak yang kenyang biasanya tidak rewel sehingga tidak mendorong kakek-nenek membelikan makanan sembarangan.
  • Bawakan artikel-artikel tentang kesehatan dan makanan sehat untuk didiskusikan dalam suasana santai dengan kakek-nenek, sehingga mereka tidak merasa digurui.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more