Trauma Kloset

 

Tanya: Anak saya laki-lak (2 tahun2 bulan) terlihat cemas menggunakan kloset, terutama saat mendengar bunyi tombol ‘flush’ ditekan. Ia menolak didudukkan di kloset ketika toilet training, dan lebih memilih duduk di atas pispotnya. Mana yang terbaik bagi anak, langsung duduk di kloset atau memakai pispot terlebih dahulu?

Jawab: Anak Anda tidak mempunyai masalah dalam buang air besar (BAB) maupun buang air kecil (bak), namun justru pada tempat di mana ia melakukannya. Sebaiknya jangan langsung membawanya ke kloset. Lakukan secara bertahap menggunakan pispot dulu. Setelah lancer, baru alihkan dengan menyediakan perangkat kloset yang lucu-lucu. Jika anak cemas dengan bunyi air di ‘flush’ dia bisa tetap berada di pispot yang diletakkan tidak jauh dari kloset untuk membiasakannya mendengar bunyi ‘flush sambil Anda memberika rasa aman, misalnya dengan bercerita. Yang penting sabar, jangan memaksa anak dan beri pujian bila ia berhasil melakukan setiap tahapan. Apabila usaha ini masih gagal, perlu dicari hal-hal yang lebih mendalam. Misalnya, apakah toilet training tersebut terlalu dini? Apakah anak mempunyai pengalaman tidak menyenangkan dengan kamar mandi atau ‘flush kloset?

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more