Agar Suka Sayur dan Buah

 

Tak semua anak langsung suka makan sayur dan buah. Bunda harus membiasakannya. Bantu balita suka makan sayur dan buah dengan 10 trik berikut.
  1. Taruh sepiring buah di tempat yang mudah dijangkau anak, misalnya meja makan atau meja bermain. Simpan di kulkas sekantung buah iris atau potongan buncis dan wortel rebus yang mudah dibawa sebagai snack saat bepergian.
  2. Sajikan sayur dan buah di setiap waktu makan. Tambahkan irisan atau parutan sayur di setiap menu; di dalam sup, isi nugget, topping roti, bahkan topping cup cake kesukaannya. Taburkan irisan buah ke sereal anak.
  3. Pilih buah yang masak, karena rasa manis lebih disukai anak.
  4. Biarkan anak mencoba aneka tekstur buah, karena selera anak berbeda-beda; ada yang suka bertekstur lembek, ada yang senang buah renyah.
  5. Sesekali minta anak memilih buah atau sayuran yang akan dihidangkan hari ini di rumah dan bagaimana cara menghidangkannya.
  6. Jadikan sayuran dan buah makanan yang menyenangkan. Misalnya, jadikan sayuran untuk menghias roti atau telur dadar menyerupai wajah lucu.
  7. Berikan juga kepada anak buah-buahan yang langka atau tidak biasa, selain buah-buahan yang lazim dihidangkan. Tujuannya, agar wawasan anak soal buah bertambah. Sayuran impor atau jarang dihidangkan di sini misalnya oregano, mint, zaitun, dapat ditambahkan ke dalam hidangan spaghetti atau pizza.
  8. Buat kompetisi makan sayur dan buah di rumah dan beri hadiah bagi pemenang.
  9. Jadi contoh yang baik untuk anak. Jadikan buah sebagai camilan Anda, dan pesan salad sayuran atau buah ketika makan di restoran.
  10. Minta tuan rumah menawarkan buah pada anak sewaktu bertamu -bukan menawarkan kue-kue manis. Usulkan ke pengurus sekolah untuk menjual buah dan sayur di kantin atau dihidangkan di acara-acara sekolah.(me)
Baca juga:
Belajar Makan Sayur Sejak Dalam Kandungan
Balita Mau Makan Sayur
Seni Rupa Makanan Di Atas Piring
Balita Suka Buah
Trik Agar Balita Suka Minum Jus
Makanan Seperti Apa Yang Disukai Balita?

 



Artikel Rekomendasi