Boncengan Aman untuk Anak

 

foto: dokumentasi Ace Hardware

Anda tentu sudah tak lagi asing dengan istilah gowes. Aktivitas gowes alias bersepeda ini, kian menjadi tren gaya hidup hijau yang menyehatkan.


Belakangan,  kita pun semakin diuntungkan dengan adanya car free day di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Saat itu,  di ruas jalan tertentu hanya bisa digunakan oleh pejalan kaki dan mereka yang bersepeda, tanpa asap knalpot dan bising suara klakson mobil pribadi, bus bahkan motor. Beberapa kompleks perumahan, taman kota  dan tempat-tempat wisata juga kini  menyediakan jalur khusus sepeda. 

Yuk, manfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan gaya hidup sehat bebas polusi  pada si kecil dengan memboncengnya bersepeda. Sebelum Anda melakukannya, perhatikan beberapa hal saat memilih boncengan untuk bayi atau balita:
  • Gunakan boncengan yang khusus dirancang  untuk bayi dan balita. Biasanya bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Ada yang dipasang di depan mau pun di belakang. Untuk usia di bawah 3 tahun, umumnya dilengkapi dengan sabuk pengaman.
  • Beli boncengan di  toko perlengkapan khusus sepeda, agar bisa melihat secara langsung bagaimana membongkar pasangnya. Sebab beberapa merek boncengan belum tentu bisa dipasang di semua jenis sepeda.
  • Periksa  dengan seksama dan tanya  cara pemasangan secara lengkap pada pramuniaga. Jangan takut  disebut cerewet. Sebab ini menyangkut keselamatan anak Anda. Beli di toko online juga bisa dilakukan jika Anda sudah tahu barang yang akan dipilih.
  • Pastikan selalu sepeda dan boncengan dalam keadaan prima,  ketika hendak berangkat bersepeda. (DEW)

 



Artikel Rekomendasi