Cara Mudah Memberi Obat Pada Balita

 

Memberi obat pada balita, bisa menjadi acara yang merepotkan. Seringkali balita menolak untuk meminum obatnya, sambil menangis. Apalagi jika obat yang harus diminumnya terasa pait. Akhirnya perlu usaha ekstra untuk membujuknya. Ini tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasinya.
  • Jelaskan mengapa balita perlu minum obat, dan apa manfaatnya.
  • Mengakui bahwa rasa obat tidak enak, lalu cari akan bersama balita tentang cara mengaburkan rasa tak enak tersebut dengan rasa lain misalnya madu, pisang atau bahan makanan dan minuman yang tidak mempengaruhi efektivitas kerja obat. Tapi jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter.
  • Jika obat yang diberikan bukan obat minum, misalnya obat mata berupa salep, tetes atau semprot, Anda bisa pura-pura juga menggunakan obat tersebut. Lalu tawarkan padanya, “Kamu juga mau? Memang lengket, tapi mata ibu jadi tidak gatal setelah diberi obat.”
  • Meski batita belum mahir bicara dan sebenarnya tak berdaya di bawah ‘power’ orang tuanya, selalu mintalah izin saat akan memberi apa pun padanya. “maaf ya, Nak, Ayah mau mengolesi salep pada matamu,” atau “Nak, mau minum obat sekarang? Yuk, sebelum tidur minum obat dulu, cepat kok, setelah itu, kita bisa lanjutkan dongeng ini,”
     
Baca Juga:
 

 



Artikel Rekomendasi