Cepat Tepat Atasi Masalah Gigi

 

Jika gigi balita belum saatnya tanggal, maka gigi goyah akan dipertahankan kehidupannya oleh dokter gigi, sampai cikal bakal gigi sulung siap menggantikannya.

Balita sedang bersemangat mengeksplorasi dunia baru di sekelilingnya, seringkali lengah terhadap berbagai bahaya yang mengintai. Tak heran bila balita Anda kerap terjatuh atau kepalanya terantuk sesuatu yang mengakibatkan giginya goyah, patah, atau tanggal. Bila balita mengalami masalah dengan giginya, lakukan ini:
  • Gigi patah: lihat gigi mana yang patah, lalu kompres bagian bibir tempat gigi yang patah (jangan langsung pada gigi) dengan handuk berisi air es atau air dingin.
  • Gigi tanggal: tutup lukanya yang berdarah dengan kapas bersih. Jangan masukkan kembali gigi susu yang tanggal ke dalam lukanya, karena dapat mengganggu cikal bakal gigi tetap di bawahnya.
  • Gigi ngilu: kompres dari luar dengan menggunakan handuk dingin.
  • Gigi goyah: hindari balita untuk memegang giginya karena akan membuat gigi makin terlepas dari akarnya. Jika gigi balita belum saatnya tanggal, maka gigi goyah ini akan dipertahankan kehidupannya oleh dokter gigi, sampai cikal bakal gigi sulung siap menggantikannya.
Bawalah balita ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan segera sesuai dengan tingkat kerusakan yang dialaminya.


 



Artikel Rekomendasi