Hindari Saat Anak Makan

 

Jangan ajak anak makan sambil bermain dan nonton TV. Selain itu jangan hanya memberi makanan yang disukai anak.
  • Bermain sambil makan. Cara ini akan membuat anak tidak fokus saat makan, sehingga tidak mudah kenyang dan tidak menikmati rasanya makanan. Proses anak belajar makan pun akan terhambat.  
  • Menawarkan hadiah berupa makanan manis. Kenalkan anak pada konsep bahwa makan itu sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi berikut akibatnya jika tidak makan. Terlalu banyak makan yang manis akan membuat si kecil kelebihan kalori.
  • Tidak membatasi waktu makan. Kemampuan anak masih terbatas, terlebih saat ia mencoba belajar makan sendiri. Berikan waktu lebih longgar selain agar ia bisa belajar makan dengan baik prinsip makan dengan mindful eating pun akan tercapai.
  • Hanya memberi makanan yang disukai anak. Makan sehat harus variatif. Membiasakan balita dengan satu dua makanan, membuatnya tidak mengenal beragam rasa dan ketika disajikan makanan baru dia enggan mencoba karena di benaknya makanan enak hanya makanan yang biasa di konsumsinya.
  • Makan sambil nonton TV. Saat anak makan di depan TV biasanya makanan yang habiskan porsinya lebih besar hal itu karena  saat makan tidak fokus, otak tidak mencatat ssesuatu yang memuaskan sehingga tidak merasa kenyang. Sedangkan saat nonton TV tubuh tidak banyak bergerak, kalori akan menumpuk dan inilah salah satu penyebab obesitas. (me)

 



Artikel Rekomendasi