Latih Balita Memakai Sendok dan Gelas

 

Waspada jika balita belum mampu memegang sendok atau gelas sendiri di usia 3 tahun. Ini mengindikasikan koordinasi antara mata, tangan dengan jari belum optimal.

Memasuki usia 1 tahun, balita sudah tumbuh menjadi seorang anak, bukan bayi lagi. Berikan hak untuk bergabung dengan anggota keluarga lain di meja makan- dengan mendudukannya di kursi tinggi. Biarkan dia mulai berlatih menggunakan sendok sendiri saat makan. Jangan selalu sering dibantu, seperti gelas dipegangi saat minum, atau makan selalu disuapi. Karena koordinasi jari tangannya semakin baik sehingga mulai bisa memegang sendok dan gelasnya sendiri. Gelas pun dipegang pakai satu tangan, tanpa dibantu.

Terus berlatih!
  • Beri dia gelas plastik atau melamin. Sangat baik jika ia punya 2 jenis gelas, satu bergagang, satunya tidak, untuk melatih motorik halus.
  • Biarkan di makan sendiri, dalam porsi kecil di piring kecil dengan sendok kecil. Biarkan ia belajar menggunakannya. Tak apa jika masih belepotan.
  • Kebiasaan makan baik yang ditanamkan di usia 1-5 tahn, menentukan kebiasaan dan pola makan anak di masa mendatang. Ibu perlu pintar dan cermat menyusun menu variatif, yang disajikan menarik.
Baca:
Balita Belajar Minum dari Gelas
Balita Enggan Memakai Gelas
Balita Mulai Tertarik Pakai Sendok
Mengasah Morotik Halus Balita




 

 



Artikel Rekomendasi