Melatih Otot Halus

 

Begitu anak usia 2 tahun tahu fungsi alat tulis, semua permukaan polos jadi sasaran coretannya. Walau tampak seperti benang kusut, sesungguhnya karyanya itu hebat!

Sebagian besar anak mulai mencoret setelah dapat memegang alat tulis. Kisaran usia 10 sampai 12 bulan, karena dorongan yang kuat untuk latihan mengendalikan otot tangannya. Di usia ini coretan anak berupa titik-titik dan sedikit tarikan garis. Di usia 2 tahun, anak mencoba-coba meniru membuat garis mendatar, tegak dan mencoret dengan gerak krayon memutar. Kata Anda, itu benang kusut yang tak dapat diurai, acak-acakan dan abstrak. Padahal karyanya sungguh hebat!  Kalau Anda perhatikan, buah hati Anda melewati proses ini:
  • Memegang krayon dengan dua tangan, kemudian meletakkan krayon di satu tangan dan menggunakan lengan untuk menggerakkan krayon di atas kertas.  
  • Memegang krayon dengan cara menggenggam, kemudian menggerakkan pergelangan tangan.  
  • Memperbaiki cara memegang krayon dengan cara memegangnya dengan ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah, kemudian menggerakkan pergelangan tangannya.
Beberapa faktor pendukungnya adalah perkembangan otot kecil di tangan, koordinasi mata-tangan dan kemampuan memegang alat tulis. Mencoret, bagi anak Anda sangat penting untuk:
  1. Melatih kendali otot halus. Memberi krayon dan kertas untuk mencoret, membantu anak mengembangkan kemampuan mengendalikan jari yang akan dia butuhkan untuk menggunakan sendok dan menyikat gigi.  
  2. Melatih kemandirian. Dunia anak penuh larangan yang tak boleh dia sentuh. Dengan sekotak krayon dan kertas, anak mengambil keputusan sendiri, apa yang akan dia lakukan.  Kebebasan mencipta dan memilih sesuatu, mengembangkan kemandirian berpikir.  
  3. Tahap awal mengenal huruf. Sejalan bertambahnya usia, coretan anak akan menyerupai bentuk benda, angka dan huruf.   
  4. Pelepasan emosi. Pelukis, menggambar atau melukis untuk mengekspresikan perasaan. Anak Anda mungkin juga mengalami hal ini. Tak mampu mengancingkan bajunya sendiri, gagal membangun menara, atau bermacam  hal tak boleh disentuh, menimbulkan rasa frustrasi yang butuh pelepasan. (me)
Baca juga:


 



Artikel Rekomendasi