Memilih Jajanan Sehat

 

Membiasakan balita jajan sangat tidak sehat. Belum lagi intaian penyakit yang mengancam balita bisa saja melalui jajanan di sekolah. Tidak harus stop jajan sama sekali, tapi ajari balita memilih jajanan yang sehat.
  1. Jelaskan pada anak untuk menghindari jajanan yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. Contohnya jajanan yang manis dan berwarna menyolok, seperti sirup merah atau oranye, permen, es, dan kue mengandung bahan pengawet dan pewarna yang berbahaya bagi tubuh.
  2. Beri tahu balita tempat jajan yang sehat dilihat dari sudut pandang kebersihan tempat, jenis-jenis menu sehat. Misalnya, pilih menu yang mengandung bahan sayuran.
  3. Beri contoh memilih makanan yang sehat di pasar swalayan dengan melihat label informasi tanggal kadaluwarsa, kandungan bahan dan gizi, nomor pendaftaran resmi produk, dan memeriksa kualitas kemasan.
  4. Saat mendampingi anak menonton aneka jenis iklan makanan dan minuman di TV, beri pengertian bahwa yang dilihatnya belum tentu baik untuk kesehatan tubuhnya. (me)
Baca juga:
Tips Jajan Sehat di Sekolah
Tips Memberi Permen Pada Balita
Balita Makan Es Krim
5 Snack Rendah Kalori Untuk Balita
Tips Memberikan Snack Sehat

 



Artikel Rekomendasi