Memilih Mainan Untuk Anak 0-5 Tahun

 

Seperti makanan atau pakaian, mainan pun harus dipilih. Pilihkan anak mainan yang tak hanya menghibur, tapi juga membantunya berimajinasi, memecahkan masalah, dan membantu perkembangan motoriknya. Ayahbunda memilih beberapa jenis mainan sesuai usia anak. Mulai dari 0 – 5 tahun.

0-12 BULAN. Sebelum bayi mampu meraih benda-benda, ia senang memandangi mainan yang dapat berbunyi. Penglihatan bayi  masih sebatas 28 cm, maka gambar dengan warna cerah dan kontras akan menarik perhatiannya. Dia juga senang mendengar suara-suara dan musik yang berirama pelan, misalnya bunyi musik dari kotak musik. Di usia 6 - 11 bulan perkembangan motoriknya semakin nyata. Ia sudah dapat duduk, merangkak, merambat dan mulai melangkah. Bila diberi satu benda sementara tangannya masih memegang benda lain, maka benda yang ia pegang akan dilepaskan dan ia akan meraih benda yang baru itu. Mainan yang cocok untuknya adalah mainan bertekstur dan berbunyi, permukaan mainan tidak rata, dan yang penting non-toksik. Karena ia berada pada fase oral, ia akan memasukkan apa saja ke mulutnya untuk mengenali dunia sekitarnya.
Jenis mainan:
• Boneka yang berbunyi.
• Buku kain ‘Counting Book’ dari Fisher Price.

1 TAHUN. Tonggak perkembangan paling nyata adalah balita sudah mampu berjalan tanpa bantuan. Dia tak bosan bereksplorasi ke seluruh penjuru ruangan. Jago melangkah maju, tapi berjalan mundur tanpa berpegangan masih oleng. Si 1 tahun juga sudah dapat menarik mainan atau mengangkat mainan sambil berjalan. Masing-masing tangan bisa memegang benda serta mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan satu lagi. Hobi barunya sekarang adalah melempar, memasukkan benda ke dalam kotak dan mengeluarkannya lagi. Maka kini ia mulai belajar menyusun balok, main dorong dan tarik benda, serta senang dengan mainan yang dapat bergerak dan  berbunyi.
Jenis mainan:
• Menyusun balok.

2 TAHUN. Ini dia masa penuh enerji! Ia tak kenal lelah dan selalu sibuk. Lancar berlari, memanjat kursi, melangkah mundur tanpa ragu, melangkah ke samping dan melompat setinggi 5 cm. Sebentar lagi dia bisa berjalan berjinjit, berdiri dengan satu kaki untuk beberapa saat dan kakinya sudah mampu menendang bola. Di sisi lain, kosa katanya makin banyak dengan pengucapan yang jelas mendorongnya ikut-ikutan menyanyi. Sementara kemampuan grafomotornya mulai berkembang ditandai dengan senang mencoret-coret. Balok hasil susunannya bertambah tinggi, dan sudah bisa membolak balik halaman buku. Jenis mainan:
• Bola.
• Buku audio, yang dapat mengeluarkan suara, Storybook Rhymes dari Fisher Price Storybook.

Mainan Untuk Usia 3-5 Tahun


 



Artikel Rekomendasi