Mengajari Bayi Berenang.

 

Mengajak bayi berenang, bisa menjadi saat yang sangat indah dan menyenangkan. Anda dan bayi bisa bebas bermain air dan berenang. Namun tidak semua bayi berani berada di kolam renang. Jumlah air di kolam renang yang jumlahnya lebih banyak dibanding air bak mandinya, bisa membuat bayi menjadi takut. Coba lakukan beberapa tips berikut ini, agar pengalaman pertamanya di kolam renang menjadi saat yang menyenangkan.

Mulailah pada usia 4-7 bulan. Kemampuannya untuk segera manarik napas sebelum menyentuh air belum hilang (reflek akuatik). Usia ini pas juga untuk melatih koordinasi gerakan otot-otot tubuhnya.

Latihan di kamar mandi. Gunakan waktu mandi untuk memperkenalkan bayi kepada air. Bawa beberapa mainan kesukaannya yang bisa dipakai di dalam air dan bermainlah bersamanya, agar bayi merasa enjoy dan nyaman lama berada di dalam air.

Bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri. Mulailah dengan mengajaknya bermain dulu di pinggir kolam. Biarkan bayi Anda menikmati cipratan-cipratan air di tubuhnya. Sehingga keberaniannya sedikit demi sedikit timbul. Begitu dia sudah mulai menikmatinya, pelan-pelan gendong masuk ke dalam kolam renang, biarkan dia tetap dekat dengan Anda sehingga dia tetap merasa aman. Ajak dia bermain air sambil bernyanyi. Ciptakan suasana se-rileks mungkin. Lakukan beberapa kreatifitas gerakan yang menyenangkan, sehingga dia pun betah berada di kolam renang. Jika sudah mulai nyaman dan akrab dengan air, barulah ajari dia berenang.

Batasi waktu. Untuk usia 4-7 bulan cukup 10 menit saja, agar tidak sakit dan menelan terlalu banyak air.





 



Artikel Rekomendasi