Mengenalkan Jenis Makanan Baru untuk Balita

 

Saat organ pencernaan anak sudah terbentuk sempurna dan siap menerima menu yang lebih bervariasi, Anda bisa memberikan balita jenis bahan makanan baru. Nah agar proses pengenalannya lebih mulus, Anda bisa menerapkan hal-hal berikut ini:

- Jangan takut mencoba
Seringkali pemikiran anak hanya menyukai makanan tertentu, justru datang dariAnda yang takut memberi menu baru dan memberi menu "aman" yangitu-itu lagi. Hal ini memang bisa membuat anak  makan dengan mudah, tapikebutuhan gizi bisa jadi kurang terpenuhi. Untuk itu kenalkan pada menu yangbervariasi.

- Asiknya icip-icip
Tidak perlu memaksa anak Anda tapi buatlah sesi makan menjadi menyenangkan.Anda bisa menunjukkan betapa lezatnya makanan tersebut. Seperti, "Bundapunya makanan baru, enak deh."

- Sedikit demi sedikit
Saat memberi menu baru, anak Anda bisa jadi tidak menghabiskan makanannya.Untuk mengatasinya, Anda bisa menggabungkan bahan makanan baru dengan bahanmakanan yang sudah biasa dimakan.

- Undang teman yang jago makan
Anda juga bisa menjadikan playdate sebagai ajang mengenalkan jenis makanan baru. Undang teman anak Anda yang suka makan. Biasanya saat melihat teman-temannya menyukai suatu hal, anak akan penasaran dan ingin mencoba.


(AR/MON)

 



Artikel Rekomendasi