Merancang Playdate Anak

 

Seperti Anda yang mengadakan arisan, balita pun bisa punya momen seru bersosialisasi lewat playdate. Agar sukses, perhatikan hal penting ini.
  • Aktifkan suasana playdate. Libatkan anak dan  teman-temannya  untuk menyusun  acara, meski seringkali khayalan anak tidak masuk akal. Jika Anda ingin memakai mainan balita,  tanyakan terlebih dahulu padanya, mainan-mainan apa saja yang boleh dipinjam atau dimainkan bersama  teman-temannya.  Segera lakukan rencana B bila suasana playdate mulai membosankan bagi anak, misalnya putarkan musik. Tanda-tanda anak mulai bosan antara lain minta pulang, marah-marah atau melempar-lempar mainan.
  • Buat janji dengan tamu undangan. Pastikan siapa saja yang bisa hadir pada acara playdate balita. Buat janji agar tidak terkesan mendadak dan bicara secara personal pada orang tua teman balita. Sampaikan rencana playdate yang Anda rancang, siapa tahu ada masukan dari mereka, sehingga membuat playdate lebih menarik. 
  • Makanan  yang tepat. Tanyakan pada orang tua teman balita apakah mereka alergi makanan tertentu. Hidangkan beberapa menu makanan yang menarik, bisa dipilih dan mudah dimakan oleh anak-anak, seperti menu bento, kentang goreng dan sosis, kroket serta jus buah segar.
  • Terapkan aturan yang berlaku. Setiap keluarga punya aturan. Ada keluarga yang tidak mengharuskan anak membereskan mainan usai bermain. Jika Anda punya aturan seperti meletakkan mainan di tempat semula usai bermain, cuci tangan sebelum makan dan mengucapkan terima kasih setiap diberi sesuatu atau setelah selesai melakukan playdate, utarakan pada tamu cilik Anda sebelum playdate dimulai. Kemudian, berikan posisi ‘ketua’ playdate pada anak Anda. Cara ini sekaligus membuat balita belajar menjadi pemimpin. 
  • Tidak mengajak pengasuh. Hal ini untuk menjauhkan ketergantungan anak pada pengasuh. Biarkan anak belajar bersosialisasi sekaligus mandiri. Biarkan anak Anda belajar melakukan apapun sendiri, termasuk berada dalam suatu lingkungan  hanya dengan teman-temannya.
  • Playdate tepat waktu. Mulai acara playdate sesuai dengan rencana. Anak-anak yang datang terlambat segera diajak untuk berbaur. Suasana yang menyenangkan akan membuat anak mudah beradaptasi. Hindari mengulur waktu demi menunggu anak lain yang belum datang.  Bila ingin memperpanjang waktu playdate, bicarakan terlebih dahulu dengan para orang tua. Namun, perhatikan kondisi fisik anak-anak bila ingin memperpanjang waktu, apakah mereka sudah lelah atau belum. (me)

Baca juga: 


 



Artikel Rekomendasi