Optimalkan Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

 

Pentingnya dua tahun pertama. Menurut Prof. Simon Cousens dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, Inggris, stunting (tinggi badan di bawah standar) bisa dihindari. Namun itu sulit dilakukan bila anak sudah menginjak usia tiga tahun. Apalagi, selama ini perhatian hanya difokuskan pada menaikkan berat badan daripada memacu pertumbuhan tinggi badan, sehingga kesesuaian antara tinggi dan berat badan sering dilupakan.  
Walau begitu, dalam penanganan dan pencegahan jangka pendek, sebaiknya perhatian difokuskan di saat kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan anak. Caranya:
  • Perhatikan asupan nutrisi selama hamil. Banyak kasus balita pendek yang ternyata saat lahir juga memiliki berat badan di bawah normal. Jadi, jika ibu hamil mengalami masalah makan, seperti muntah berlebihan, segera hubungi dokter. Konsultasikan apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen tambahan zat besi, seng atau asam folat agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil yang mencapai 2300 kalori per hari.
  • Beri anak ASI eksklusif selama 6 bulan dan lanjutkan pemberian ASI hingga anak berusia dua tahun atau lebih. Hal ini  menjamin asupan nutrisi yang seimbang karena makronutrien dan mikronutrien dalam ASI lebih mudah diserap anak dan sesuai kebutuhannya. Pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) juga harus tepat waktu, mulai usia 6 bulan, bukan sebelumnya.
  • Beri makanan bervariasi. Tidak ada satu jenis makanan yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi. Sesuaikan porsi makan anak dengan piramida makanan. Sebagai gambaran, anak usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 1000-1300 kalori per hari. Dia butuh makan setidaknya 5-6 kali sehari dalam porsi yang sesuai, yakni sekitar sepertiga porsi orang dewasa, terdiri dari 3 x makan makanan utama, 2 x makan makanan selingan, dan 1-2 x susu.
  • Jauhkan anak dari penyakit, terutama di tahun-tahun pertama hidupnya. Sering sakit parah, seperti infeksi saluran cerna, bila terakumulasi bisa mengakibatkan si kecil kekurangan nutrisi. Apa yang bisa Anda lakukan? Bisa dimulai dengan memberikan perlindungan lewat imunisasi. Lupa jadwal imunisasi anak? Klik www.ayahbunda.co.id/imunisasi

Baca juga:
Nutrisi Untuk Tumbuh Tinggi Anak
Normalkah tinggi badan balita Anda?



 



Artikel Rekomendasi