Permainan Pesta Ulang Tahun ke 4

 

Karena keterampilan motorik anak usia 4 tahun sudah semakin sempurna, berikut permainan untuk pesta ulang tahun ke 4 untuk anak Anda

1. Tarian Limbo (siapkan seutas tali panjang dan musik irama reggae atau yang berirama riang).
  • Minta dua anak (atau dua orang dewasa) untuk memegang kedua ujung tali dan membentangkannya, dengan posisi tali yang yang cukup rendah untuk anak-anak.
  • Anak-anak berbaris, sambil bergoyang menari bergiliran melewati tali dari bawah dengan cara memiringkan badan ke belakang. Lakukan sampai semua anak mendapat giliran.
  • Bila tali bisa dilewati dengan mudah oleh anak-anak, rendahkan posisi tali agar semakin menantang untuk dilewati. Demikian seterusnya.
2. Raja dan Ratu Cokelat (siapkan kursi kecil, dadu besar, sepiring permen cokelat bulat, aksesori penampilan seperti kacamata hitam kecil, syal bulu, skarf untuk anak lak-laki, tiara, topi, sarung tangan wol)
  • Ajak anak-anak membuat lingkaran besar. Tempatkan kursi kecil, sepiring permen cokelat dan berbagai aksesori di tengah lingkaran.
  • Setiap anak bergantian melempar dadu. Anak yang mendapat angka 6 di dadu, maju ke tengah lingkaran, mengenakan seluruh aksesori yang tersedia dan duduk makan permen cokelat yang diambil dari piring dengan tangan yang bersarung tangan wol.
  • Sampai ada anak lain berhasil mendapat angka 6 di dadu, barulah anak di tengah lingkaran melepas kostumnya dan kembali ke lingkaran digantikan anak tersebut.
3. Buat Aku Tertawa. Permainan lucu, yang bisa mencairkan suasana.  Ajak anak-anak membuat lingkaran besar. Cari seorang anak untuk duduk di tengah lingkaran dan mintalah dia untuk bersikap seserius mungkin. Anak-anak lain diminta bertingkah lucu dan konyol untuk membuat anak di tengah lingkaran tertawa –tetapi anak-anak lain tidak boleh menyentuh anak di tengah lingkaran. Bila ia sampai tertawa –atau hanya tersenyum– maka perannya harus digantikan anak lain dari lingkaran. Anak yang paling lama bisa tahan untuk tidak tersenyum atau tertawa, menjadi pemenang.

4. Mirror, Mirror On The Wall
  • Dua baris anak berdiri berjajar dan saling berhadapan. Pastikan semua anak memiliki pasangan. Anak-anak di barisan pertama menjadi “manusia”, anak-anak pada barisan kedua menjadi “bayangan cermin”.  
  • Minta anak yang menjadi “manusia” untuk melakukan gerakan di depan “cermin”,  misalnya menyisir rambut, menggosok gigi, makan dan lain-lain, dan “bayangan cermin” harus mengikuti gerakan itu sepersis mungkin.  
  • Setelah itu, berganti peran. Anak-anak yang tadinya menjadi “manusia” kini menjadi “bayangan cermin” dan sebaliknya.
  • Putar musik dan kini “manusia” menari diikuti oleh gerakan “bayangan cermin”-nya.
5. Parade Topeng. Siapkan piring kertas dilubangi dua untuk “mata” dan tali karet di kiri-kanan untuk mengikat ke belakang kepala, alat-alat untuk menghias topeng seperti      krayon atau spidol, benang wol, bulu, manik, stiker, lem dan lain-lain. Iringi dengan musik  lagu anak-anak sebagai backsound.  

Anak-anak duduk berkelompok di lantai. Setiap kelompok mendapat topeng dan peralatan untuk menghias topeng dalam jumlah cukup. Beri mereka waktu untuk mendekorasi topeng masing-masing. Setelah selesai, buatlah parade topeng seperti suasana fashion show.

6. Adu Cepat Langkah (siapkan kertas ukuran A4 berjumlah 2 kali jumlah anak-anak tamu pesta).  Setiap anak masing-masing mendapat dua lembar kertas. Mereka harus berlomba melintasi ruangan, dengan jalan memindahkan kertas tersebut. Caranya, letakkan selembar kertas di depan salah satu kaki, lalu melangkahlah di kertas tersebut, demikian seterusnya. Kaki anak tidak boleh menjejak di lantai. Anak yang paling cepat mencapai garis finish dengan selalu menjejak di atas kertas adalah pemenangnya.

 



Artikel Rekomendasi