Permainan Pesta Ulang Tahun ke 5

 

Permainan pada pesta ulang tahun ke 5 anak Anda dengan teman-temannya akan beragam karena keterampilan motorik dan sosial anak sudah makin pesat. Berikut permainannya

1. Nenek Gerondong

  • Seorang anak menjadi “Nenek” dan berdiri menghadap tembok, sementara anak-anak lain berjajar di seberangnya.
  • Beri komando kepada anak-anak untuk melangkah perlahan-lahan menghampiri Nenek dan tidak boleh menimbulkan suara. Komando, misalnya “Jalan!” Anda ucapkan dengan berbisik.
  • “Nenek” sewaktu-waktu bisa membalikkan wajah atau tubuhnya, dan bila itu terjadi, anak-anak harus segera mematung. Anak yang terlihat bergerak oleh “Nenek” harus mengulang lagi dari tempat seberang.
  • Anak yang paling dulu mencapai tempat “Nenek” tanpa ketahuan, menjadi pemenang.
Untuk melakukan permainan ini, ruangan harus cukup luas, atau lakukan di lokasi outdoor.

2. Memindahkan Kismis (kismis dalam kotak ukuran kecil, kertas putih, mangkuk dan sumpit, sesuai jumlah anak. Iringi dengan musik lagu anak-anak sebagai backsound)
  • Anak-anak duduk di lantai dan masing-masing mendapat satu kotak kismis, kertas putih, mangkuk dan sumpit.
  • Taburkan kismis di kertas putih.
  • Minta anak-anak memegang sumpitnya dan berlomba memindahkan kismis dengan sumpit satu per satu dari kertas ke dalam mangkuk.
  • Anak yang selesai paling awal adalah pemenang.
3. Semua Sesuai Urutan. Dalam permainan ini, anak belajar mendengar, memahami dan menjalankan perintah yang berhubungan dengan ketrampilan matematika, pengetahuan warna dan alfabet.  Bagi anak-anak ke dalam beberapa kelompok. Satu kelompok beranggotakan  6 orang dengan satu orang dewasa untuk membantu. Minta mereka siap-siap mendengarkan perintah dari Anda. Bunyi perintah misalnya
  1. “Buatlah barisan dari yang tubuhnya paling tinggi sampai yang paling pendek!” Kelompok pertama yang berhasil menjalankan instruksi, mendapat skor 1.  
  2. “Buatlah barisan mulai dari anak yang berambut paling panjang hingga yang paling pendek.”
    Kelompok pertama yang berhasil menjalankan instruksi, mendapat skor 1.
  3. “Buatlah barisan sesuai dengan urutan huruf depan nama kalian di dalam alfabet.” Kelompok pertama yang berhasil menjalankan instruksi, mendapat skor 2.  
Dan sebagainya. Di akhir permainan, kelompok dengan skor terbanyak, keluar sebagai pemenang dan mendapat hadiah.


 



Artikel Rekomendasi