Sukses Hari Pertama Sekolah

 

Ini dia, rahasia sukses melewati hari pertama di sekolah dari Kepala sekolah preschool High Scope Indonesia, Nina K. Tambunan.
  • Tidur malam cukup. Kalau anak biasa telat tidur malam, 2 minggu sebelum sekolah buat jadwal tidur baru. Tidur lebih awal membuatnya cukup istirahat, segar dan siap sekolah esok harinya.
  • Ajarkan berkomunikasi. Penting bagi anak untuk bisa menyampaikan keinginannya pada guru, misalnya "aku ingin pipis" atau belum mengerti pelajaran. Ajarkan dia mengatakannya dengan kalimat sempurna, bukan baby talk. Jelaskan, guru senang jika ia berani menyampaikan kebutuhannya secara baik dan jelas.
  • Belajar praktis. Bantu anak mengurus diri sendiri sehingga tidak selalu merepotkan guru. Misalnya, membelikan sepatu berperekat velcro (bukan tali), kotak makan-minum yang mudah dibuka dan memakai sendiri jaketnya. 
  • Latih sopan santun. Ajarkan lewat contoh. Jika Anda terbiasa mengucapkan "tolong", "permisi", "terima kasih", antri dan berbagi akan ditiru anak.
  • Ciptakan iklim belajar. Masukkan unsur-unsur belajar dalam kegiatan sehari-hari. Misal, melihat kucing di jalan, katakan "Ada berapa kucingnya? Kita hitung yuk." Bisa juga rekreasi ke tempat hiburan edukatif seperti museum, perpustakaan, planetarium, atau membeli buku sesuai minatnya dan membaca bersamanya.
  • Biasakan rapi dan teratur. Sediakan tempat khusus untuk perlengkapan dan mainanya. Biasakan dan bantu dia membereskan ke tempatnya setelah dipakai. Selain agar tidak panik mencari, juga dasar mengajarkan kerapian. 
  • Hapal rutinitas. Pelajari bersama jadwal dan aktivitas di sekolah, supaya dipersiapkan dengan baik.
  • Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk urus sekolah balita. Periksa tas dan pesan dari guru agar tidak ada yang terlewat. Lihat karyanya yang dibawa pulang dan minta anak menjelaskannya - sekaligus membuat anak mengingat kembali pelajaran sekolah. Puji dengan tulus hasil usahanya, misalnya dengan kalimat, "Wah, kamu pasti bangga karena bisa membuat origami sebagus ini."    
Baca juga:
Persiapan toilet training
Mengenalkan balita pola tidur teratur

 



Artikel Rekomendasi