Tips Asyik Piknik Bareng Balita

 

Acara berlibur yang sudah direncanakan secara rapi dengan balita, terkadang bisa berantakan karena balita justru kurang menikmati. Untuk menghindari kemungkinan itu, ikuti tips berikut

Libatkan anak. Tanyakan anak mengenai bentuk kegiatan yang ia inginkan atau senangi. Walau keinginan anak tidak selalu dapat digunakan sebagai patokan, paling tidak Anda memperoleh gambaran kegiatan yang ia senangi atau ingin ia lakukan bersama orang tuanya. Anak pun akan merasa dihargai.

Konsentrasi pada anak. Selama liburan, lupakan berbagai persoalan maupun pekerjaan yang masih memberatkan Anda. Sesuaikan berbagai kegiatan dan tempat rekreasi dengan usia anak, sehingga anak dapat benar-benar menikmati kebersamaan dengan orang tuanya.

Jangan lupakan rutinitas anak. Sesuaikan jadwal kegiatan dengan rutinitas anak sehari-hari. Misalnya, lupakan melakukan kegiatan di jam-jam anak biasa tidur siang, atau tuntaskan kegiatan sekitar satu jam menjelang tidur malamnya. Perubahan rutinitas yang terlalu drastis akan membuat anak tidak menikmati perjalanan.

Tidak perlu mewah. Berpiknik sekeluarga tidak perlu selalu mewah. Kegiatan yang sederhana pun bisa dinikmatinya, asal Anda terlibat bersamanya.

Singkat namun padat. Seimbangkan kebutuhan berekreasi dengan beristirahat tanpa melakukan kegiatan apa pun. Bagi balita, bepergian tiga hari berturut-turut adalah waktu maksimal yang dapat dilakukan. Lebih dari itu, anak akan sulit menikmati liburannya.

 



Artikel Rekomendasi