Tips: Kegiatan Si Seniman Cilik

 

Siapa bilang anak-anak belum pintar berkreasi seni?! Asalkan sejak dini diberi pengalaman kesenian, kemampuannya dalam seni pasti berkembang. Apalagi jika si kecil punya bakat bawaan.

Anak-anak pada dasarnya musikal. Mereka pada dasarnya juga memiliki kemampuan berkesenian murni. Apabila si kecil Anda punya potensi dan suka berkegiatan seni, lakukan hal berikut untuk memberi stimulasi sesuai tahapan usianya:

Usia AnakKegiatan Inspiratif
0 - 8 bulanMeningkatkan kemampuan anak menyerap suara, gerakan spasial dan berbagai ekspresi wajah dengan mainan gantung, musik, dan bercerita dengan wajah dan suara yang ekspresif.
8 - 18 bulanEksplorasi beragam bunyi menggunakan beragam alat: xylophone, drum mainan, dan lain-lain
18 - 24 bulanBelajar beraneka emosi melalui musik. Kembangkan juga imajinasi dengan mengajak si kecil bergerak berdasarkan interpretasi terhadap “karakter” musik yang diputarkan.
24 - 36 bulanMenggambar, melukis, bermain dan lagu yang mengasah konsep-konsep: keras-lemah, keras-lembut, terang-gelap dan lain-lain
3 - 4 tahunLatihan menari untuk membantu si kecil membangun kendali motorik, hubungan fisik dan orientasi terhadap arah.
4 - 5 tahunGunakan berbagai material sebagai sarana outlet kreativitas, seperti lempung, kaset untuk merekam puisi, lagu yang “digubah” si kecil dan lain-lain.

 



Artikel Rekomendasi