Tips Memilih Dessert

 

Jangan sajikan dessert "enak-enak" setiap hari. Sesuaikan sesuai dengan kebutuhan balita Anda.

• Mengingat asupan kalori dari nasi, lauk pauk dan sayuran dianggap hampir cukup memenuhi kebutuhan kalori sekali makan, pilihlah dessert yang rendah kalori, seperti buah-buahan segar, agar tidak kelebihan asupan kalori per sekali makan.
• Jenis buah yang cocok untuk dessert adalah yang matang dan manis, tidak asam atau pahit, dan banyak mengandung air, seperti semangka, melon, jeruk, mangga, nanas, apel, pir atau pisang. Buah-buahan itu cukup diiris dan dimakan langsung. Namun bila bosan, bisa juga divariasikan, seperti dibuat jus, puding, sorbet, es buah atau rujak. Namun perhatikan, penambahan gula pada hidangan buah, seperti manisan atau puding dengan topping buah (apalagi jika menggunakan buah kaleng), akan memposisikan buah sama dengan dessert tinggi kalori dan gula. Begitu pula jika jus buah ditambah whipped cream. Jadi, hati-hati.
• Kapan boleh menyajikan dessert tinggi kalori seperti es krim, chocolate mousse atau blueberry cheese cake? Sesekali saja, misalnya pada momen spesial seperti makan bersama di akhir pekan atau saat merayakan sesuatu.

Batasi dessert manis:

• Kandungan gula tinggi dessert mempunyai nilai indeks glikemik tinggi. Artinya, akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dalam waktu singkat sehingga membuat kadar insulin di dalam tubuh tidak stabil dan memicu terjadinya penyakit Diabetes Melitus (kencing manis) di kemudian hari.
• Menyebabkan obesitas (kegemukan) karena nilai kalori yang tinggi. Obesitas akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, diabetes dan menyebabkan masalah sosial psikologis.
• Penelitian terbaru menyatakan: konsumsi makanan manis terlalu banyak dapat memicu serangan asma pada anak.
• Mengonsumsi makanan tinggi lemak meningkatkan kadar lemak dalam darah, dan meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah oleh plak lemak (aterosklerosis), penyakit hipertensi/tekanan darah tinggi, jantung dan kanker di kemudian hari.
 
 
Baca juga:
 

 



Artikel Rekomendasi