Tips Mengajak Balita ke Restoran

 

Mengajak balita ke restoran? Sepertinya itu adalah hal yang sulit, karena bunda/ayah takut balitanya 'bertingkah' di tempat umum. Tapi tidak perlu khawatir, ini tipsnya mengajak balita ke restoran.

Mengajak balita makan di restoran terkadang perlu, untuk membiasakan balita berada di tempat umum, dan mencoba berbagai menu yang baru bagi anak. Namun memang tidak mudah mengajak balita ke restoran. Ini beberapa tips yang bisa membantu Anda:
  • Bawa mainan dan benda favorit balita. Jika balita Anda tidak bisa diam atau ketika harus menunggu, Anda bisa memberikan mainan favoritnya atau buku-buku, agar ia tenang dan memiliki kesibukan.
  • Pilihlah restoran yang tepat. Akan lebih baik jika Anda bisa memilih restoran yang child-friendly, santai, cukup ramai agar bisa meredam suara-suara berisik dari meja Anda ketika membawa balita. Jika bisa, reservasilah terlebih dahulu agar tidak perlu menunggu tempat duduk.
  • Tegaskan aturan dasar dan latih terlebih dahulu di rumah. Jika balita terbiasa dengan aturan-aturan dan sopan santun setiap hari di rumah, maka ia lebih bisa menerapkan aturan-aturan sopan santun tersebut di restoran.
  • Pergi lebih pagi. Dengan pergi lebih pagi dari jadwal waktu makan, maka Anda telah memperhitungkan rentang waktu antara pemilihan makanan, pemesanan, proses pembuatan, hingga akhirnya makanan tersebut datang. Dan dengan datang lebih pagi, Anda memperpendek rentang waktu tersebut, sehingga balita tidak terlalu lama menunggu.
  • Makan di luar sebagai reward. Untuk memotivasi anak Anda bisa menjaga perilakunya di depan publik, buatlah special event dimana anak boleh memilih mau makan di restoran mana.

Memang yang menjadi fokus utamanya adalah melatih balita sopan santun agar ia bisa bersosialisasi dengan publik. Dan itu bisa diajarkan salah satunya dengan mengajaknya ke restoran.

Baca juga: Berdamai Dengan Balita di Restoran

 



Artikel Rekomendasi