Tips Mengatur Makan Bayi Saat Berlibur

 

Kalau cuma seharian ke rumah orang tua, mungkin tidak ada masalah mengajak bayi Anda karena bisa memasak di sana. Bagaimana kalau pergi seharian ke Kebun Binatang bareng bayi Anda?

Perkirakan saja jam makan bayi. Jika melewati jam-jam makan bayi: selingan pagi (pukul 10.00), makan siang (pukul 12.00), selingan sore (pukul 16.00) serta makan malam (pukul 18.00), maka makanan yang harus dipersiapkan adalah 4 kali pemberian. Caranya:
  • Makanan yang akan diberikan paling awal (misalnya makan pagi), dimasak pagi-pagi dan simpan dalam termos antipanas, porsi untuk sekali makan.
  • MP-ASI yang tidak tahan lama (seperti sup atau bubur susu) yang akan diberikan kemudian, misalnya makan siang dan malam, siapkan semalam sebelumnya kemudian simpan di freezer. Besoknya, keluarkan dan simpan di cooler box. Keluarkan beberapa saat sebelum diberikan.
  • Bila anak sudah makan tim saring, pisahkan jenis-jenis bahan (yang sudah dimasak). Misalnya, bubur diletakkan di tempat tersendiri, begitu juga wortel yang sudah diiris-iris/dicincang serta hati ayam. Semua bahan baru disatukan ketika akan diberikan.
  • Jangan lupa bawa air panas secukupnya di termos untuk menghangatkan makanan seperti krim sup. Untuk menghangatkannya, lihat jam makan anak. Untuk makan malam, keluarkan 2 jam sebelumnya dan rendam dalam air panas.
  • Lebih praktis bawa buah pisang, jeruk dan anggur, agak tetap segar saat diberikan, tak perlu dipotong dulu. Buah bisa diberikan sebagai makanan selingan.

 



Artikel Rekomendasi