Tips Menghalau Kuman di Sekolah

 

Pastinya Anda sekeluarga rajin menjaga kebersihan di rumah. Namun bagaimana kondisi kebersihan di sekolah anak? Berikut tipsnya agar anak tidak terjangkit kuman di sekolah

Tips ikut menjaga kebersihan di sekolah :
  • Cermati playground di sekolah. Apakah bersih atau tidak, jika ada pasir untuk bermain minta kepada pihak sekolah untuk disuci hamakan sebulan sekali, Karena pasir yang tidak bersih dapat mengandung cacing, apakah ada benda-benda berbahaya dari alat permainan (perosotan, ayunan, papan jungkat-jungkit) misalnya paku atau besi berkarat yang menonjol keluar, Apakah lapangan rumputnya cukup bersih, tidak ada semak dan ilalang.
  • Keamanan dan kebersihan kamar mandi sebaiknya patut dicermati. Lantai kamar mandi sebaiknya kering dan tidak licin. Bila lantai kamar mandi dibuat dari tegel yang licin, katakan kepada  kepada pihak sekolah agar lantai kamar mandi dilapisi karpet anti slip.
  • Ventilasi ruangan kelas : bila memakai AC, minta kepada pihak sekolah agar AC dibersihkan minimal sebulan sekali. AC yang kotor adalah sumber penyakit ISPA karena kotoran yang tertahan di saringan AC menumpuk. Sekali-kali buka jendela ruangan kelas agar terjadi pergantian udara.
  • Karpet : karpet yang dipakai di kelas agar dibersihkan dengan vacuum cleaner dua kali semingu yang kemudian dijemur secara berkala. Karpet kotor adalah tempat yang nyaman bagi kutu busuk dan tempat perindukan tungau debu rumah, pencetus serangan asma.

 



Artikel Rekomendasi