Trik Jika Balita Menolak Sepatu

 

Meski terbiasa melihat ibu atau ayah memakai sepatu, tak berarti ia mau juga memakainya. Balita memandang sepatu sebagai benda asing, bukan bagian dari tubuhnya. Hasilnya, keributan kecil terjadi ketika Anda ingin memakaikan sepatu di kakinya. Balita menekuk ujung kakinya hingga tak bisa dimasukkan ke dalam sepatuny. Kalaupun akhirnya Anda berhasil memasukkannya, balita merengek minta sepatunya dilepas.

Tak perlu bingung Bunda, balita hanya perlu waktu untuk berkenalan dengan benda yang satu ini. Perlu trik khusus agar balita terbiasa dengan sepatu, dan mau mengenakan sepatu dengan suka cita. Berikut beberepa triknya:

  • Ajak balita ke toko sepatu dan memilih sendiri sepatunya. Relakan bila balita memilih sepatu yang disukainya tapi harganya mahal, melebihi bujet yang Anda siapkan.
  • Pakai sepatu dengan gembira, sambil menyanyi dan menari menderapkan kaki. Puji balita bila ia mau mengenakan sepatunya. Hindari teriak Anda tak enak di telinga siapa pun.
  • Tak perlu memaksa saat memakaikan sepatu karena balita adalah individu yang sedang mengembangkan kemandiriannya. Jangan pula mencubit kakinya bila ia tetap menolak. Tersenyumlah saat memakaikan sepatu.
  • Beri contoh dengan memakai sepatu bersamanya.
         

 



Artikel Rekomendasi