Bayi Prematur Diberi Susu Formula Kental?

 

Tanya: Anak saya lahir prematur dengan berat 1400 gram. Sudah 3 minggu ini masih dirawat di rumah sakit. Tapi berat badan anak saya masih belum naik dan minggu pertama dan ke dua justru turun jadi 1200 gram. Padahal ASI selalu tercukupi. Menurut suster, sebaiknya diber susu formula kental agar berat badan cepet naik. Benarkah pendapat tersebut?

Jawab: Bayi prematur mambutuhkan kalori yang lebih besar daripada bayi cukup bulan (±120-150 Kkal/Kg/hr). Kandungan ASI pada ibu yang melahirkan bayi prematur berbeda dengan ibu yang melahirkan bayi cukup bulan, dimana kandungan kalorinya lebih tinggi. Dan jangan lupa bahwa ASI juga mengandung kolustrum, sel darah putih, antibodi dan beberapa zat imunitas yang bermanfaat untuk melawan infeksi.

Pada seminggu pertama dapat dijumpai penurunan berat badan bayi dari berat lahir. Tapi pada minggu kedua semestinya beratnya sudah tercapai seperti berat pada saat lahir. Setelah itu, diharapkan terjadi kenaikan berat badan ±20 gram/hr.

Bayi prematur membutuhkan pemberian asupan lebih sering karena kemampuan minumnya yang kecil. Pemberian susu yang dikentalkan dapat mengganggu pencernaan bayi. Berikan ASI ibu sesering mungkin. Jika diperlukan, dapat ditambahkan dengan susu formula khusus untuk bayi prematur.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang

 



Artikel Rekomendasi