Benarkah Bayi Perlu Kosmetik?

 

Benarkan bayi memerlukan berbagai macam kosmetik? Banyak pertanyaan soal kosmetik bayi, temukan jawaban yang benar dari ahlinya.

1. Apakah bayi perlu pakai kosmetik? Ya, gunakan sesuai kebutuhan; jangan berlebihan. Karena, kosmetik adalah bahan kimia yang bukan merupakan obat-obatan dan digunakan untuk merawat kulit. Bahan kimia tersebut hanya mencapai lapisan terluar kulit dan tidak mengubah struktur serta fungsi kulit. Kosmetik diperlukan bayi dan anak untuk menjaga kulitnya tetap sehat. Untuk bayi, pilih kosmetik yang memang khusus untuk bayi dan anak.

2. Kosmetik apa saja yang dibutuhkan bayi?
  • Sabun: untuk membersihkan kulit.
  • Sampo: untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari debu serta minyak, serta membuat rambut lebih lembut dan berkilat.
  • Baby oil: untuk melembabkan kulit kering.
  • Baby lotion: untuk melembabkan kulit kering.
  • Hair lotion: untuk melembabkan rambut, membuat rambut jadi mudah diatur.
  • Pelembab: untuk memperbaiki kelembaban kulit sehingga fungsi kulit sebagai penyaring dan pelindung tetap terjaga baik.
  • Bedak: untuk mengurangi gesekan pada daerah lipatan kulit.
  • Tabir surya: untuk menghindari efek buruk sinar matahari, misalnya terbakar (sunburn).
3. Benarkah sering ganti sabun menyebabkan kulit bayi alergi? Tidak, selama sabun yang digunakan memiliki tingkat keasaman (pH) yang mendekati pH kulit normal atau sedikit asam, yaitu sekitar 5,5 – 7. Pilih sabun bayi yang ringan, sudah diuji keamanannya secara klinis, tanpa pengharum, tidak mengandung bahan pemicu iritasi (iritan) sehingga tidak menyebabkan kerusakan kulit, hindari yang mengandung senyawa-senyawa pemicu iritasi, seperti quaternium 15, paraben, dietanolamin dan trietanolamin. Hindari penggunaan antiseptik karena dalam jangka panjang atau berlebihan dapat mengubah flora normal kulit serta memicu iritasi.

4. Bagaimana dengan sering berganti sampo, apakah membuat rambut bayi rusak? Tidak. Sampo berfungsi membersihkan rambut dan kulit kepala bayi. Gunakan sampo bila bayi sudah berumur lebih dari 10 bulan. Sedangkan untuk bayi kurang dari 10 bulan, gunakan produk pembersih kulit untuk membersihkan kulit kepalanya. Pilih sampo khusus untuk bayi, tidak membuat rambut dan kulit kepala kering, memiliki daya pembersih kuat, busa sedikit, cukup kental agar tidak mudah mengalir ke mata, dan tidak perih bila tak sengaja masuk ke mata.

5. Apakah hair lotion dapat menyuburkan rambut bayi? Tidak, sebab fungsi hair lotion adalah membantu menjaga kelembaban rambut, serta membuat rambut si kecil jadi lebih mudah disisir. Umumnya, hair lotion hanya mengandung pelembab atau dengan bahan tambahan antara lain aloe vera, kemiri dan seledri.

6. Benarkah bayi tidak perlu pelembab karena kulitnya sensitif? Salah. Justru sebaliknya, kulit bayi sangat membutuhkan pelembab karena mudah mengalami kekeringan. Struktur sel-sel kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Pada kulit bayi, jarak antara sel satu dengan sel lainnya masih cukup besar karena sel-selnya belum berkembang sempurna. Keadaan ini menyebabkan senyawa air yang terdapat di antara sel-sel kulit menjadi mudah menguap. Itu sebabnya, bayi prematur dan bayi yang kulitnya cenderung kering perlu diberi pelembab.

7. Bagaimana dengan bedak tabur, apakah dapat mengganggu pernapasan bayi? Tidak, asal digunakan secara tepat. Cara pemakaian bedak tabur yang aman adalah tuangkan bedak di telapak tangan kemudian usapkan ke seluruh permukaan kulit tubuhnya dengan perlahan agar butiran partikel bedak tidak terhirup bayi. Gunakan bedak setelah bayi dimandikan, terutama di daerah lipatan untuk mengurangi gesekan pada kulit.

8. Perlukan bayi pakai tabir surya? Sangat perlu, karena kulit bayi yang jauh lebih rentan terhadap efek sinar ultra violet (UV) dari matahari –jumlah pigmen melanin kulitnya lebih rendah dibandingkan kulit orang dewasa. Kandungan senyawa dalam krim tabir surya yang efektif melindungi kulit bayi di bawah 6 bulan adalah oksida seng dan oksida titanium. Pilihlah krim tabur surya yang tahan air dan tidak mengandung pewangi. Gunakan 15-30 menit sebelum bayi terpapar sinar matahari langsung dan ulangi pemakaian setiap 2-3 jam setelah beraktivitas atau berendam di dalam air.

9. Bagaimana penggunaan baby oil? Selain dioleskan langsung di atas permukaan kulit bayi yang kering, bisa juga ditambahkan ke dalam air mandinya. Cukup oleskan 2 kali sehari.

10.Tip dan trik memilih kosmetik bayi? Pilih yang secara umum memenuhi persyaratan berikut.
  • Sudah diuji aman secara klinis.
  • Kosmetik khusus untuk bayi, karena komposisi bahan serta kadarnya dirancang agar aman dan sesuai dengan struktur kulit bayi.
  • Pilih yang bersifat hipoalregen, tidak mengandung bahan pemicu iritasi, seperti pewangi, pewarna, dan pengawet.
  • pH nya mendekati pH kulit normal atau sedikit asam (pH 5,5 – 7)
Baca juga:
Macam-macam Kosmetika Bayi dan Penggunaannya
Serupa Tapi Tak Sama (baby oil, baby lotion, dan baby cream)
Tips Pilih Kosmetika Bayi




 



Artikel Rekomendasi