Sakit Flek Paru-paru

Tanya: Ada flek di paru-paru anak saya ketika umur 1 tahun. Ia sembuh setelah pengobatan intensif 6 bulan. Apakah penyakit itu berdampak anak jadi susah makan? Sekarang ia berumur 2 tahun, lebih suka minum susu daripada makan.  
 
Jawab: Istilah flek hanya dijumpai di Indonesia, biasanya yang dimaksud adalah penyakit TB (tuberkulosis) yang dulu disebut TBC. Diagnosis TB pada anak sangat sulit karena gejalanya tidak khas atau dapat disebabkan penyakit lain. Gejala-gejala itu antara lain nafsu makan kurang, berat badan sulit naik, anak sering tampak lesu, tidak bergairah, gampang tertular infeksi saluran napas akut (sering demam, batuk dan pilek), atau batuk kronik (lama).

Pemeriksaan penunjang yang sangat penting adalah uji tuberkulin yang disebut Mantoux test. Timbulnya benjolan berukuran 10 mm atau lebih 2-3 hari setelah penyuntikan Mantoux merupakan bukti bahwa anak sudah terinfeksi TB. Pemeriksaan Rontgen dilakukan untuk melihat luasnya kelainan pada paru-paru. Pemeriksaan darah untuk diagnosis TB anak tidak berperan penting.

Keluhan sulit makan bisa merupakan gejala TB, tetapi banyak sekali keadaan atau penyakit lain yang dapat jadi penyebabnya. Misalnya, gangguan di saluran cerna, infeksi kronik lain seperti cacingan, atau infeksi saluran kemih. Perlu pemeriksaan yang teliti dan menyeluruh terhadap anak dengan masalah nafsu makan agar dapat diperoleh diagnosis yang tepat dan tatalaksana yang sesuai.




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)