Bayi BAB Tidak Setiap Hari

 

Tanya: Mengapa bayi saya (10) tidak BAB setiap hari? Padahal  setiap hari  ia makan buah dan sayur.

Jawab: Sepertinya bayi Anda mengalami sembelit atau konstipasi, yakni ketidakmampuan tubuh untuk buang air besar (BAB)   secara sempurna. Adanya sembelit ini biasanya ditandai dengan frekuensi  BAB  kurang dari 3 kali dalam seminggu. Tinja yang dikeluarkan keras dan berukuran besar sehingga susah dan menimbulkan rasa nyeri. Kadangkala juga disertai kecipirit.

Untuk mengatasinya, beri ia cairan sebanyak kurang-lebih 1 liter dalam sehari. Juga, sayuran serta buah-buahan, seperti pepaya , jeruk, avokad, dan melon secukupnya. Tapi, hindari memberikan buah pisang dan apel. Berikan pula tambahan cairan berupa air putih sebanyak 10-15 liter setiap 4 jam untuk membantu melancarkan pengeluaran tinja. Selain itu, biasakan  untuk melakukan pijatan lembut di perutnya dengan menggunakan baby oil. Lakukan pijatan dari arah kanan bawah ke kanan atas,  lalu dari kiri atas ke arah kiri bawah.  Jika bayi Anda masih juga mengalami sembelit, segera bawa dia ke dokter untuk mendapatkan obat pencahar.

Dr. Muzal Kadim, SpAK


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kapan Saat Yang Tepat Vaksin Campak?

Vaksinasi campak direkomendasi saat anak berumur 9 bulan dan sebaiknya diberikan sewaktu anak dalam keadaan sehat, agar kekebalan yang diperoleh optimal. Sakit ringan tidak merupakan kontraindikasi un... read more