Agar Anak Tak Tergantung Empeng

 

Penggunaan empeng sekarang ini memang tidak disarankan karena berpengaruh buruk pada geligi bayi. Inilah tips agar balita yang terlanjur suka empeng, tak lagi tergantung pada empeng
  • Ketergantungan anak pada empeng karena perasaan cemasnya. Karena cemas, ia mencari pelampiasan dengan cara mengempeng. Karenanya, cobalah memberi perhatian dan cinta yang cukup bagi balita. Hal ini akan membuatnya merasa nyaman dan aman bersama Anda.
  • Cobalah mengalihkan perhatian anak dari empeng. Misalnya, dengan mengajaknya menyanyi, bercerita, bercanda atau pun bermain ketika anak teringat empeng nya.
  • Ketika anak merasa lapar atau lelah, ia biasanya mengatasinya dengan cara yang dikenal sebelumnya, yaitu mengempeng. Karenanya, hindari anak merasa lapar atau lelah.
  • Tegakan disiplin dengan konsisten. Katakan dengan tegas pada anak bahwa ia sudah terlalu besar untuk memakai empeng. Negosiasikan kapan ia mau melepaskan empeng . Kemudian, cobalah konsisten terhadap waktu yang telah ditetapkan anak sendiri bersama Anda untuk tidak lagi mengempeng.
  • Anda berkesempatan mendorong anak melepas empeng saat empengnya sobek atau rusak dan sudah waktunya dibuang. Tegaskan bahwa Anda tidak membelikannya yang baru karena ia sudah cukup besar untuk terus menggunakan empeng. Jika cara ini yang dipakai, Anda harus siap menggantinya dengan perhatian Anda yang lebih besar. Atau, memberinya berbagai kegiatan agar anak cepat melupakan empengnya.

 



Artikel Rekomendasi