Aman Tidur Bersama Bayi

 

Tidur satu ranjang bersama bayi atau co-sleeping disebut-sebut sebagai salah satu penyebab  bayi mengalami kematian mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Sementara riset lain membuktikan, tidur bersama bayi  justru dapat meningkatkan bonding antara bayi dengan ibu maupun ayahnya. Supaya kegiatan tidur bersama bayi ini aman, lakukan persiapan ini:
  • Buat kesepakatan dengan pasangan. Bicarakan dengan pasangan niat Anda untuk tidur bersama bayi. Kalaupun Anda hanya melakukannya beberapa kali dalam seminggu, bicarakan dengan suami agar dia  tahu  kapan saatnya  harus membantu menjaga, mengecek, serta mengawasi Anda bersama bayi Anda.
  • Baringkan bayi pada posisi telentang. Bayi tidur pada posisi tengkurap harus diawasi. Baringkan bayi pada posisi telentang, karena Anda tak dapat mengawasinya sepanjang malam. Saat Anda selesai menyusui bayi pada posisi menyamping, sendawakan bayi lebih dulu, kemudian kembalikan bayi pada posisi telentang.  
  • Alas tidur bayi rata. Tempat tidur Anda bukan kasur air atau terlalu empuk sehingga  ketika Anda berbaring di atasnya, tempat tidur menjadi bergelombang. Gunakan alas tidur bayi yang rata, tidak bergelombang agar tidak menutupi wajah bayi. Singkirkan dari tempat tidur, berbagai benda yang dapat menimpa wajah bayi  seperti bantal, guling dan selimut.
  • Aturlah suhu kamar. Suhu tubuh Anda, bayi dan pasangan akan meningkatkan suhu dalam kamar. Atur  agar suhu kamar tidur Anda tetap nyaman, tidak panas dan cukup oksigen. Sebelum Anda dan bayi tidur, atur suhu  kamar sedikit lebih rendah untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan suhu dari panas yang dikeluarkan tubuh Anda.
  • Pakailah baju tidur yang “aman.” Kenakan baju tidur yang bermodel polos, nyaman dan memudahkan Anda saat hendak menyusui. Jangan kenakan baju tidur yang bertali.  Pilihkan baju tidur bayi model overall agar dia tidak perlu tidur memakai selimut, karena baju tidurnya sudah cukup hangat.
  • Buatlah jadwal pemberian ASI. Dengan tidur bersama bayi, Anda tahu kapan biasanya bayi akan bangun minta disusui. Buatlah jadwal menyusui sesuai pola tidur bayi, untuk mengingatkan Anda kapan Anda harus siap.  Bila bayi tidur nyenyak dan melewatkan jadwal menyusunya,  biarkan saja.  Jangan bangunkan dia untuk menyusu.  
  • Tubuh Anda dalam kondisi sehat. Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat. Dalam keadaan flu, pilek dan demam, tidur Anda menjadi tidak nyenyak sehingga mengganggu tidur bayi Anda. Selain itu, bayi akan mudah tertular penyakit Anda. (me)
Baca juga:
Lama Tidur Bayi dalam Sehari
Sesuaikan Posisi Tidur dengan Kondisi Bayi
Pola Tidur Bayi

 



Artikel Rekomendasi