Baby Gym, Sehatkan dan Cerdaskan Bayi

 

Baby gym adalah salah satu alat bantu belajar dan olah raga paling dini untuk bayi Anda. Dapat untuk merangsang sensori dan motorik bayi. Kini di pasaran, tersedia dalam beragam model dan tingkatan harga.

Mengapa penting punya baby gym? Anda perlu memberi rangsang pada bayi sejak dini. Dengan mainan ini, bayi 3 - 6 bulan, dapat memperoleh rangsang sensori dan motorik dalam bentuk menyenangkan. Bayi akan dapat stimulasi auditori dari beragam bunyi dan musik.  Ada kerlap-kerlip lampu menawan untuk merangsang matanya. Juga ada tombol yang dapat diraih anak dengan tangan dan kaki untuk melatih koordinasi mata-tangan-kaki.
 
Beragam asesori tambahan. Sesuai selera dan kocek Anda, bayi bisa Anda pilihkan yang bisa dibawa selama travelling, atau yang bentuknya agak besar dan idealnya untuk dipakai di rumah. Pilih juga yang memiliki beragam warna cerah menarik agar semangat main bayi terasah. Rattle atau kerincingan untuk merangsang pendengaran dan ketrampilan jemari juga menjadi asesori wajib baby gym yang baik. Mainan lembut beragam bentuk dan warna juga jadi asesori yang pada umumnya ada pada alat ini.
 
Waktu yang tepat. Biasanya usia "0 + " atau "3+" tertera pada kemasan baby gym. Pilihlah sesuai dengan tahapan perkembangan bayi. Usia 3 - 6 bulan memang paling pas untuk dikenalkan baby gym. Antara lain, karena bayi sudah mulai merespon kondisi di sekelilingnya. Ia pun juga mulai pintar memfokuskan pandangannya. Mulai melihat benda-benda disekitarnya. Jika Anda coba menggerakkan mainan ke kanan atau ke samping, pandangannya sudah mulai bisa mengikuti arah gerakan. Ia juga mampu meraih benda yang menarik perhatiannya. Saat usianya menginjak 6 bulan, ketika bobotnya bertambah, dan ia sudah mulai banyak bergerak, Anda harus mulai menyediakan mainan lain yang menunjang dorongan bayi untuk belajar jalan. Baby gym biasanya sudah tidak cocok lagi jadi alat mainnya dan tidak bisa menahan bobot tubuhnya saat ia mulai belajar berdiri.
 
Teman bermain. Anda sebagai orang tua harus menemaninya bermain. Meskipun alat ini pasti membuat bayi jadi sangat sibuk. Anda bisa menciptakan suara-suara saat ia mengekplorasi ketrampilan dengan alat ini. Di samping, tentu tugas Anda adalah menjamin keamanan bermain bayi.
 
Keamanan mainan. Sebaiknya pilihlah baby gym yang terjamin kualitasnya, terutama karena ini adalah mainan untuk bayi. Anda harus memastikan bahan pembuat aman untuk dimasukkan bayi ke mulut, demikian pula suara yang diproduksi tak membuat bayi terkejut. Senantiasa periksa kondisi baterai, karena ada produk yang menggunakannya untuk memproduksi cahaya lampu, suara dan musik.
 
Cara pakai baby gym:
  • Tidurkan buah hati Anda dengn posisi terlentang di atas alas baby gym
  • Goyangkan mainan tersebut hingga berbunyi
  • Bantu tangan bayi untuk meraih maian yang terletak diatasnya hingga berbunyi

Foto: Dok Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi