Bermain Buku Bertekstur

 

Benda bertekstur memberi pengalaman mengeksplorasi bagi indera peraba bayi. Aktivitas ini mengasah motorik halus dan indera peraba anak. Bayi pun mengenal aneka tesktur dan bentuk.

Banyak kemampuan yang bisa terstimuliasi dari buku bertekstur, seperti klasifikasi, sentuhan, motorik kasar, dan kemampuan bicara. Inilah kesempatan mengarahkannya bermain buku bertekstur. Yuk, mulai kenalkan pengalaman ini pada bayi Anda!

Persiapan :
  • Buku bertekstur (bisa Anda beli di toko buku).
  • Membuat sendiri dengan menempelkan potongan-potongan kain; wol, brokat, handuk, satin, kaos, jins, korduroy, kulit dan bulu imitasi, serta kancing bermacam ukuran pada lembaran-lembaran buku.
Cara bermain :
  • Dudukkan anak di pangkuan Anda, atau ia duduk di lantai beralas karpet.
  • Buka lembaran buku, bimbing anak meraba potongan kain-kain bertekstur dalam buku. Semangati si kecil saat ia mulai meraba dan menyentuh kain tersebut.
  • Ketika tangannya meraba, katakan, “Kain ini lembut. Kalau yang ini kasar.”
Selama bermain buku bertekstur, awasi anak karena ada kemungkinan ia menyobek buku, menarik potongan kain atau kancing dan memasukkan ke dalam mulutnya. Ini bisa menjadi permainan yang menyenangkan bagi bayi Anda sekaligus menstimuli perkembangannya.

Baca juga:
6 Manfaat Membaca Bagi Bayi
Membacakan Buku Untuk Bayi
7 Langkah Agar Bayi Cinta Buku

Foto: Dok. Ayahbunda


 



Artikel Rekomendasi